Kenali 5 Tips Atasi Anak Kurang Percaya Diri

Education    8 months ago

Bagaimana sih cara mengatasi anak kurang percaya diri? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh para orang tua yang merasa bahwa anaknya tidak mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungan bermain. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, bergabung bersama brainzone.id tentunya dapat menjadi salah satu solusi tepat yang bisa anda lakukan dengan mudah. Namun jika anda ingin memulainya dari lingkungan terdekat yaitu keluarga, maka pastikanlah untuk mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini:



1. Mengajak anak untuk berbicara

Ada banyak alasan yang menjadikan anak tampil tidak percaya diri, namun kebanyakan dari alasan tersebut umumnya bermula dari ejekan yang berasal dari teman-temannya. Untuk itu, sebelum anda melakukan hal lain, maka pastikanlah terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan apa yang tengah dihadapi oleh anak, seperti beberapa penyebab yang menjadikan anak tidak percaya diri.



2. Hindari mengomel

Omelan, baik itu dalam bentuk sindiran, umpatan, atau bahkan hal-hal lain yang bersifat negatif dan diterima oleh anak setiap harinya tentu dapat memicu ketidak percaya dirian pada diri anak. Karena itulah, hindari mengomentari atau mengomel pada anak anda, termasuk mengeluarkan umpatan atau kata-kata kasar. Pasalnya anak sangat mudah dalam menyerap ungkapan dari pesan yang diterima olehnya. Dengan demikian anak pun akan merasa buruk dan kemungkinan mereka akan melakukan tindakan sesuai dengan ungkapan yang dinyatakan tersebut.



3. Mengajarkan anak cara untuk menyelesaikan masalah

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, rasa percaya diri juga dapat menurun akibat stress atau bahkan frustasi karena mereka tidak dapat menyelesaikan setiap permasalahan hingga tuntas. Baik itu masalah yang berkaitan dengan PR, permainan atau games, atau bahkan beragam jenis tugas lain yang dibebankan padanya.

 

Dalam hal ini, cara menyelesaikan permasalahan dapat anda ajarkan dengan cara meminta bantuan pada orang di sekitar, seperti halnya meminta bantuan kepada anda selaku orang tua. Namun pastikanlah bahwa bantuan yang diberikan merupakan bentuk solusi yang dapat dikerjakan oleh anak secara mandiri, sehingga selain melatih anak agar mandiri, cara mengatasi anak kurang percaya diri pun dapat diatasi dengan mudah.



4. Mengambil keputusan

Meskipun anak anda terbilang masih kecil, namun biasakanlah untuk membiarkan anak memilih sendiri apa yang diinginkannya. Seperti halnya ketika memilih cemilan saat belanja di supermarket, atau bahkan memilih warna pakaian sesuai dengan yang disukai olehnya. Setelah itu, dengarkan mengapa barang tersebut menjadi pilihannya. Dengan kesempatan untuk menentukan pilihan sesuai dengan apa yang ia inginkan, maka anak pun akan merasa lebih percaya diri ketika harus mengambil keputusan seorang diri.



5. Menghargai ide yang mereka miliki.

Setiap anak memiliki ide yang unik dan berbeda antara satu dengan lain, dalam hal ini anda selaku orang tua sebaiknya tidak menertawakan atau bahkan menganggap sepele apa yang diungkapkannya. Karena hal tersebut dapat membuatnya merasa tidak percaya diri.



Itulah kiranya beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam cara mengatasi anak kurang percaya diri dengan mudah di lingkungan keluarga.