Tanpa Emosi, Begini Cara Ampuh Menghadapi Anak Tantrum

Education    5 months ago

Pernahkah Anda mendapati anak sedang marah, mengamuk hingga membanting benda di sekitarnya? Hal inilah yang dinamakan dengan tantrum. Biasanya durasi tantrum berlangsung hingga satu menit. Bahkan dalam beberapa kasus bisa terjadi selama lima menit.

Cara menghadapi anak tantrum pun terkadang tidak mudah, malahan kita ikut terbawa emosi. Namun, ada beberapa cara ampuh meredakannya tanpa mengedepankan amarah Anda. Berikut di antaranya cara menghadapi anak tantrum yang dapat Anda lakukan:


1. Ajak anak untuk berbicara

Ketika terjadi tantrum anak Anda akan menjadi lebih agresif ketika mengekspresikan apa yang dirasakannya. Maka cara menghadapi anak tantrum seperti ini, Anda perlu untuk mencari tahu apa yang membuatnya melakukan hal tersebut. Cobalah untuk mengajak sang anak untuk berbicara dengan lembut. Tanyakan kepadanya apa yang dia rasakan.

Ini bertujuan untuk menunjukkan kasih sayang dan Anda cinta kepadanya, namun tidak dengan perilaku agresifnya. Biasanya, anak menjadi tantrum karena ingin diperhatikan. Berbicara tanpa menggunakan nada tinggi akan meluruhkan sikap agresifnya selama ini.


2. Lakukan dengan tenang

Sebagian besar orang tua terkadang merasa larut dalam emosinya saat anak tiba-tiba menjadi tantrum. Sebenarnya ini adalah hal yang kurang tepat. Sebab, semakin Anda emosi dan tidak tenang, justru akan membuatnya merasa tidak nyaman. Alih-alih akan membuat tantrum anak mereda, tetapi malah sebaliknya semakin menjadi.

Cara menghadapi anak tantrum dalam kondisi demikian adalah dengan meredam emosi Anda. Beritahukan kepada anak jika dia mereda dan tidak marah-marah, maka Anda akan berbicara apa yang dia inginkan. Apabila anak sedang tantrum di tempat umum, Anda patut untuk membawanya sebentar ke luar ruangan guna meredam emosinya. Jangan sampai tingkah mereka mengganggu orang lain.


3. Alihkan perhatian mereka

Cara selanjutnya ialah dengan coba mengalihkan perhatiannya. Ingat, anak-anak cenderung mudah untuk melupakan sesuatu dan mereka pun memiliki kecenderungan menyukai hal baru. Di sinilah keterampilan Anda dalam meredakan ekspresi anak yang sedang tantrum diuji.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan perhatian mereka. Semisalnya saja mengajaknya untuk bermain di luar ruangan, bercanda, dan memberikan mainan yang mungkin sudah lama tidak mereka mainkan. Atau dengan cara menyuruhnya mandi. Dengan mereka bermain air dan busa dengan wewangian sabun kesayangan dapat membantu membuatnya lebih tenang kembali. Perhatian mereka juga teralihkan dengan bermain busa atau hal lainnya saat mandi.


4. Berikan pelukan dan ciuman

Memberikan pelukan dan ciuman pun menjadi salah satu cara ampuh menghadapi anak tantrum. Ciuman penuh kasih sayang yang Anda berikan sangatlah penting untuk meredam amarah anak. Begitu juga dengan memberinya dekapan hangat. Mereka akan menjadi tenang kembali dan merasa diperhatikan dengan baik oleh orang tuanya.

Lalu, setelah Anda memberikan ciuman dan pelukan hangat tersebut mulailah untuk menanyakan apa yang menyebabkan mereka marah-marah. Jika mereka meminta sesuatu hal, Anda jangan keburu menurutinya. Tanyakan pula untuk apa mereka butuh hal tersebut


5. Berikan waktu untuk sendiri

Cara yang sangat mudah yang dapat Anda lakukan ialah dengan memberinya waktu untuk sendirian. Contohnya saja ketika mereka bangun tidur, mungkin mereka merasa tidak nyaman. Sebaiknya, jangan menyuruhnya melakukan hal-hal tertentu terlebih dahulu. Ini akan semakin membuatnya badmood dan membuat tantrumnya semakin menjadi.

Biarkanlah untuk beberapa saat hingga dia benar-benar merasa tenang kembali. Lalu, Anda dapat menyuruhnya melakukan hal-hal seharusnya. Seperti ketika bangun tidur menyuruhnya untuk mencuci muka, gosok gigi, dan mandi. Namun, tetap lakukan dengan cara yang lembut.

Semoga cara menghadapi anak tantrum tanpa emosi di atas dapat membantu Anda meredakan tingkah agresif anak Anda.