Ini 6 Cara Mendidik Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Milenial

Education    4 months ago

Perubahan gaya hidup yang terjadi dari generasi ke generasi ternyata juga membawa pengaruh terhadap pola asuh orang tua. Tidak terkecuali bagi orang tua milenial, yaitu generasi yang lahir antara tahun 1980 hingga 1990-an. Didukung dengan perkembangan teknologi dan internet, orang tua milenial semakin memiliki banyak pilihan dalam mendidik anak-anaknya.


Lantas, seperti apa cara mendidik anak usia dini yang baik dan benar bagi orang tua milenial? Berikut penjelasan selengkapnya:


1. Ajarkan norma-norma agama sedini mungkin

Seperti kata pepatah bahwa agama adalah tiang kehidupan, maka penting bagi setiap orang tua untuk mengajarkan norma-norma agama sejak anak-anak berusia dini. Terlepas dari agama apapun yang Anda yakini, cara mendidik anak usia dini yang dibekali dengan ilmu agama akan membantu anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan norma. Dengan bekal agama yang baik, maka sejak usia dini anak bisa mengetahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.


2. Ajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Tanpa disadari sering kali orang tua milenial membiarkan anak-anak mereka bermain gadget sejak masih kecil. Padahal kebiasaan ini bisa membuat mereka acuh terhadap orang-orang dan lingkungan di sekitarnya. Untuk itu, sebelum terlambat, cobalah untuk secara rutin mengajak anak bersosialisasi ke rumah tetangga atau sekadar mengobrol dengan anggota keluarga yang lain. Meski terlihat sepele, cara mendidik anak usia dini yang seperti ini dapat membantu kemampuan komunikasi dan adaptasinya kelak saat tumbuh dewasa.


3. Tanamkan sopan santun sejak di dalam rumah

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi kesopanan, sudah seharusnya Anda menanamkan sopan santun kepada anak-anak sejak usia dini di dalam rumah. Cara sederhana yang bisa dilakukan mulai dari pembiasaan berbicara secara santun dengan orang yang lebih tua, mengucapkan maaf saat berbuat salah, dan berterima kasih ketika mendapat bantuan atau hadiah. Penanaman sopan santun sejak dini akan sangat berpengaruh pada kepribadian anak-anak di sepanjang hidupnya nanti.


4. Membiasakan anak-anak untuk disiplin

Cara mendidik anak usia dini terbilang cukup tricky, sebab Anda harus menyesuaikan hal tersebut dengan kepribadian sang anak. Termasuk ketika Anda ingin mengajarkan anak-anak disiplin terhadap waktu. Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat jadwal harian untuk masing-masing anak, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali di malam hari. Pastikan anak-anak mengikuti jadwal tersebut dengan baik, sehingga saat tumbuh dewasa secara otomatis ia akan menjadi pribadi yang disiplin dan menghargai waktu.


5. Beri kesempatan untuk anak bertanya

Tumbuh di saat perkembangan teknologi dan internet semakin canggih, terkadang membuat anak-anak malas bertanya dan hanya mengandalkan mesin pencarian. Tentu saja, kebiasaan ini akan membuat kemampuan mereka kurang terasah dengan baik. Oleh karena itu, sebagai orang tua, sebaiknya Anda berikan kesempatan untuk anak-anak bertanya. Jika memang belum mengetahui jawaban yang tepat, Anda bisa mengajak anak-anak untuk mencari tahu bersama melalui buku bacaan atau sumber lain di samping mesin pencarian di internet.


6. Berikan contoh yang baik

Orang tua akan selalu menjadi contoh nyata bagi anak-anak. Jadi, apabila Anda ingin anak-anak tumbuh dan berkembang dengan karakter kepribadian yang baik, maka jadilah orang tua yang baik pula. Apa yang dilakukan oleh anak tidak pernah terlepas jauh dari apa yang dilakukan oleh orang tua dan keluarganya di dalam rumah. Cara mendidik anak usia dini yang terbaik memang menjadi orang tua yang baik dan patut dicontoh.


Bagaimana dengan cara yang selama ini sudah Anda lakukan? Tetap semangat dan jangan menyerah untuk selalu memberikan contoh-contoh yang baik bagi anak-anak, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!