Sebelum Terlambat, Begini Cara Mengajari Anak Belajar dengan Tekun

Education    4 months ago

Cara mengajari anak belajar dengan tekun menjadi pekerjaan rumah bagi sebagian besar orang tua. Terlepas dari apapun jenis sekolah yang Anda pilih, anak-anak tetap harus dibiasakan untuk belajar dengan rutin di rumah. Oleh karena itu, sebelum terlambat, sebaiknya Anda menerapkan beberapa cara berikut ini agar anak-anak gemar belajar tanpa harus disuruh apalagi dipaksa oleh orang tuanya. Yuk, simak baik-baik agar bisa menerapkannya secara optimal di rumah!


1. Berikan pemahaman akan pentingnya belajar

Langkah awal yang harus Anda mulai yaitu memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya belajar. Dengan begitu, mereka bisa memahami bahwa belajar bukanlah kewajiban, tetapi justru kebutuhan bagi diri mereka sendiri. Belajar juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan prestasi anak-anak di setiap jenjang pendidikan yang dilalui. Anda juga bisa memberikan contoh kesuksesan seseorang yang didapat setelah rajin belajar agar anak menjadi lebih termotivasi.


2. Temani anak saat sedang belajar

Cara mengajari anak belajar tidak dapat berjalan maksimal jika Anda masih sibuk dengan urusan pribadi. Anak-anak tidak dapat dilepas untuk belajar dengan sendirinya begitu saja, terutama jika ia baru saja masuk sekolah. Sebaiknya Anda memposisikan diri sebagai pengajar di rumah sehingga anak-anak bisa melalui proses belajar dengan lebih terarah. Menariknya, aktivitas ini juga akan membantu orang tua mengenali minat dan bakat anak-anak, lho! Jadi, jangan terburu-buru memanggil guru privat ke rumah, ya.


3. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Jangan salah, belajar yang menyenangkan juga bisa Anda ciptakan sendiri di rumah. Anda bisa memanfaatkan benda-benda di rumah sebagai sarana belajar bagi anak-anak. Di samping itu, Anda juga bisa menstimulasi rasa ingin tahu dalam diri anak. Berikan pertanyaan yang membuat anak semakin penasaran dan semangat untuk mencari jawaban yang tepat. Dengan begitu, kemampuan berpikir yang dimiliki semakin terasah, terlebih jika Anda mendukungnya dengan buku-buku bacaan yang melimpah di rumah.


4. Buat jadwal belajar untuk anak-anak

Agar cara mengajari anak belajar dapat terlaksana dengan baik, disarankan agar Anda membuat jadwal belajar harian untuk masing-masing anak. Pastikan jika setiap harinya anak-anak mengikuti jadwal belajar tersebut secara rutin dan disiplin. Aktivitas ini nantinya secara otomatis menciptakan kebiasaan belajar yang melekat pada keseharian anak-anak. Artinya, saat tumbuh besar nanti mereka tidak lagi perlu disuruh belajar karena sudah melakukan aktivitas tersebut dengan sendirinya.


5. Selalu berikan dukungan

Sebagai orang tua, Anda wajib memberikan dukungan secara maksimal ketika anak-anak sedang belajar. Hal ini bisa dilakukan dengan menemaninya belajar, mematikan televisi, serta melengkapi segala kebutuhan aktivitas belajar anak-anak. Mulai dari buku pelajaran, buku bacaan, hingga alat-alat tulis yang lengkap sehingga anak bisa belajar dengan nyaman tanpa kekurangan apapun. Ketika anak merasa mendapat dukungan penuh dari orang tua, maka mereka akan lebih bersemangat lagi dalam menjalankan aktivitas belajar baik di rumah ataupun di sekolah.


Itulah tadi beberapa cara mengajari anak belajar dengan tekun tanpa perlu merasa dipaksa. Sebagai orang tua, Anda harus mampu memberikan motivasi agar anak terbiasa belajar secara rutin sejak masih kecil. Meski terlihat sepele, aktivitas belajar ini tentu menjadi modal penting yang akan mendukung anak-anak untuk berprestasi baik di bidang akademis maupun non-akademis. Jangan lupa, berikan waktu anak-anak untuk bermain dan beristirahat agar mereka tidak mudah merasa jenuh dengan kegiatan belajar.