Tips Terbaik Mengatasi Anak Malas Belajar

Education    4 months ago

Anak malas belajar menjadi persoalan klasik bagi orang tua yang memiliki buah hati di usia sekolah. Para orang tua merasa khawatir prestasi sang anak menurun atau terganggu karena tidak terlalu peduli dengan pelajaran. Akhirnya, berbagai cara pun dilakukan oleh orang tua agar anak kembali giat belajar.

Namun, cara mengatasi anak malas belajar seperti itu kurang tepat dan seolah dipaksakan. Oleh karena itu, agar anak tidak merasa terbebani ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Apa saja tips tersebut? Berikut lima di antaranya.


1. Terapkan metode terbaik

Antara anak satu dengan lain jelas memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada anak yang suka dengan pola belajar membaca dan lainnya lagi lebih suka mendengarkan. Bahkan di sisi lain ada pula anak-anak yang lebih suka praktek langsung. Maka, Anda perlu untuk mengenali pola belajar tersebut.

Selain itu buatlah suasana belajar senyaman mungkin. Jika bosan dengan suasana belajar dalam ruangan, Anda bisa mengajak anak ke tempat yang edukatif sebagai sarana belajar. Contohnya saja dengan mengajaknya ke museum, toko buku dan sebagainya. 


2. Penuhi kebutuhan belajarnya

Memenuhi kebutuhan belajar anak adalah hal wajib yang perlu Anda berikan sebagai orang tua yang peduli dengan pendidikan mereka. Contohnya saja ketika anak memerlukan buku penunjang untuk materi belajarnya. Atau mereka membutuhkan alat tulis maupun cat, kuas, hingga kanvas untuk mengembangkan bakatnya semisalnya.

Kebutuhan di sini tidak hanya berupa materi saja. Anda bisa memenuhi kebutuhan lainnya seperti kebutuhan psikologis untuk menenangkan dirinya. Ajaklah anak untuk selalu bersyukur dengan prestasi yang dimilikinya dan tanamkan sikap untuk selalu berdoa kepada Tuhan agar diberikan kelancaran dalam proses belajarnya.


3. Siapkan ruangan khusus

Anda bisa mencari penyebab mengapa anak malas belajar. Mungkin saja mereka merasa terganggu dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. Semisalnya saja adanya suara bising, suasana ruangan yang tidak nyaman hingga hal-hal lainnya. Termasuk pula gangguan dari televisi atau gadget sehingga mereka merasa malas untuk belajar.

Mengatasi hal ini orang tua bisa menyiapkan ruangan khusus untuk belajar bagi anak. Siapkan pula meja dan kursi belajar yang nyaman. Selain itu, perhatikan pula warna ruangan dan hal apa saja yang disukai anak di ruang tersebut. Sebab, warna akan meningkatkan suasana hati dan minat belajarnya.


4. Bangun komunikasi yang baik

Membangun komunikasi juga sebagai faktor paling penting sebagai cara mengatasi anak malas belajar. Dengan adanya komunikasi, anak Anda seolah diperhatikan dan mereka merasa dihargai. Anda bisa memulai komunikasi semisalnya dengan mengajukan pertanyaan harian sebelum memulai belajarnya. Contohnya dengan menanyakan apakah ada PR hari ini? Apakah ada kesulitan yang dapat dibantu? Serta pertanyaan-pertanyan lainnya.

Dampingi pula ketika mereka merasa down karena mendapatkan nilai ujian yang kurang memuaskan. Anda bisa memberikan kata-kata motivasi yang dapat menumbuhkan semangat belajarnya kembali. Pertanyaan maupun perhatian seperti itu dapat merangsang kesadaran anak dan melatih kejujurannya. Cara yang sedikit kasar akan membuat anak justru enggan untuk belajar kembali.


5. Hargai prestasinya dan jangan terlalu fokus pada prestasi

Kebanyakan orang tua berfokus pada prestasi anak tanpa memahami apa yang sebenarnya mereka rasakan. Para orang tua terkadang merasa kecewa ketika anak mendapatkan nilai ulangan yang buruk semisalnya. Ekspresi kekecewaan tersebut dapat membawa pengaruh dari sisi psikologis anak. Mereka pun mengaggap bahwa dirinya tidak mampu berbuat lebih baik dan menghargai usahanya.

Dengan cara seperti itu anak pun merasa enggan untuk belajar kembali dan merasa tertekan. Maka dari itu untuk mengatasi anak malas belajar dalam hal ini dibutuhkan penghargaan atas prestasinya. Tanamkan sikap untuk menghargai proses belajar dan bukan hanya sekadar pada hasil yang diraih. Apapun yang mereka dapatkan di sekolah adalah hasil dari proses terbaiknya.

Kini, mulailah terapkan metode di atas sebagai cara mengatasi anak malas belajar dengan penuh rasa kasih sayang kepada sang buah hati.