Orang Tua Wajib Tahu, Ini 4 Cara Mendidik Anak yang Baik dalam Keluarga

Education    3 months ago

Mendidik anak bukanlah sebuah perkara yang mudah. Terlebih di zaman seperti ini, anak-anak sangat rentan terhadap pengaruh buruk dari luar. Orang tua jelas butuh kesabaran yang luar biasa untuk dapat mendidik anak dengan baik. Toh nantinya kesabaran tersebut akan terbayar jika anak nantinya menjadi sosok yang membanggakan di masa depan.

Lalu sebenarnya bagaimana cara mendidik anak yang baik dalam keluarga? Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk mendidik anak agar berbudi luhur:


1. Berikan contoh yang baik

Anak-anak merupakan peniru yang baik. Ia bisa menirukan perilaku orang-orang di sekitarnya dengan cepat. Namun sayangnga ia belum bisa membedakan mana perilaku yang sebaiknya dicontoh dan mana perilaku yang sebaiknya tidak dicontoh. Oleh karenanya, supaya anak memiliki sikap yang baik, selalu berikan contoh yang baik.  

Misalnya Anda kesulitan untuk meminta anak merapikan mainannya setelah bermain. Bisa jadi ia meniru perilaku Anda yang tidak langsung beberes setelah melakukan sesuatu. Untuk itu, agar anak lebih mudah merapikan mainannya, segera ubah kebiasaan buruk Anda. 

Di samping itu, Anda juga perlu membiasakan kebiasaan-kebiasaan kecil yang mungkin sering luput dari perhatian. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah membiasakan anak mengucapkan “terima kasih”, “tolong”, dan “maaf”. Anda bisa mencontohkan langsung pada anak untuk mengucapkan “terima kasih” saat diberi hadiah atau mendapatkan bantuan.  


2. Mengajarkan kemandirian pada anak

Persaingan di dunia sekarang ini semakin keras. Belum lagi saat nanti anak sudah tumbuh dewasa dan harus bersaing dengan orang lain. Agar anak siap dalam menghadapi persaingan tersebut, coba ajarkanlah kemandirian sejak dini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan kemandirian pada anak.

Anda bisa mengajarkan anak untuk mempersiapkan pakaian yang ingin dipakainya. Saat ia sudah lebih besar, ajarkan untuk mengenakan pakaiannya sendiri. Dengan begitu, anak akan terlatih untuk mempersiapkan dirinya sendiri.

Mengajarkan kemandirian pada anak akan membuatnya tidak selalu bergantung pada orang tua. Anak juga bisa lebih cepat berkembang jika terbiasa mandiri. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi mereka nantinya, terutama saat Anda sebagai orang tua sudah tidak bisa membimbing mereka lagi.


3. Tumbuhkan rasa tanggung jawab

Di samping kemandirian, Anda juga perlu mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak. Dengan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab, ia tidak akan lari dari setiap masalah yang datang padanya. Rasa tanggung jawab juga akan membuat anak lebih mudah mendapat kepercayaan dari orang lain nantinya. Ini akan sangat berguna saat anak sudah tumbuh dewasa kelak.

Menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak memang gampang-gampang susah. Anda harus bersabar saat mengajarinya rasa tanggung jawab. Namun, Anda bisa memulai dari hal-hal sederhana, misalnya meminta anak untuk selalu membuah sampah pada tempatnya atau meletakkan piring bekas makan ke tempat cuci piring.


4. Jangan pernah menggunakan kekerasan

Poin terakhir ini harus benar-benar diterapkan oleh setiap orang. Bagaimanapun juga, kekerasan bukanlah cara mendidik anak yang baik. Kekerasan hanya akan menimbulkan dampak yang membahayakan bagi masa depan anak, baik itu dari segi fisik maupun mentalnya.

Untuk itu, jika anak berperilaku buruk, sebaiknya Anda tidak memberikan hukuman berupa kekerasan. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan hukuman yang edukatif. Misalnya meminta anak mengerjakan tugas rumah.

Mendidik anak merupakan sebuah tugas yang tidak bisa dibilang mudah. Anda perlu kesabaran ekstra agar anak bisa menjadi sukses saat dewasa nanti. Cara mendidik anak yang baik dalam keluarga di atas bisa Anda terapkan pada si kecil. Semoga berhasil!