Pelajari Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Secara Tepat di Sini

Education    5 months ago

Pola pikir anak akan terus berkembang seiring bertambahnya usia mereka. Ketika anak sudah mulai besar, mereka mulai mengerti mana hal yang baik dan buruk. Pada tahap ini, penting juga bagi orang tua untuk mengajarkan sikap mandiri sejak dini. Namun, tidak sedikit orang tua merasa kesulitan mengajarkannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut 5 cara mendidik anak agar mandiri sejak dini:


1. Berikan contoh

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai cara untuk mendidik anak agar mandiri yakni dengan memberikan contoh. Ketika Anda memberikan contoh dan terlibat langsung dalam sebuah kegiatan, ini akan  mendorong anak untuk melakukan hal yang sama. Ajaklah anak untuk mencoba membereskan pekerjaan rumah bersama Anda.

Mulailah dari hal yang sangat sederhana seperti mengajaknya untuk mencuci piring setelah makan. Berikan penjelasan mengenai hal tersebut hingga mereka bisa melakukannya sendiri tanpa melibatkan orang tua. Jika ini berhasil mulailah dengan hal baru seperti membereskan tempat tidur dan sebagainya.


2. Jangan terlalu sering memberi bantuan

Setelah memberikan contoh, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat mendidik anak mandiri adalah jangan sering memberi bantuan. Sebagai orang tua, Anda perlu mengidentifikasi mana kegiatan mereka yang perlu mendapatkan bantuan dan mana yang bisa anak lakukan sendiri. 

Contohnya saja adalah membiarkannya dalam membereskan mainan, baju-baju mereka sendiri dan sebagainya. Berikan bantuan hanya ketika anak perlu melibatkan orang dewasa seperti memotong kertas, mengambil makanan dan sebagainya.


3. Terapkan rasa disiplin

Menerapkan rasa disiplin adalah hal juga penting sebagai cara mendidik anak agar mandiri. Dengan bersikap disiplin, membuat anak menjadi terbiasa untuk melakukan hal-hal yang mereka inginkan sendiri dan tidak merepotkan maupun mengandalkan orang lain. Untuk melatih kedisiplinan agar mandiri tersebut, ajaklah anak untuk membuat jadwal harian rutin terkait apa saja yang akan dilakukan.

Misalnya saja mulai dari apa yang harus mereka lakukan sejak bangun tidur hingga menjelang tidur lagi di malam hari. Mulai membersihkan tempat tidur mereka sendiri, tidak telat sarapan ketika berangkat ke sekolah dan sebagainya. Meski terlihat sederhana, namun hal-hal kecil seperti inilah yang membuat mereka menjadi mandiri sejak dini dalam kehidupan sehari-hari.


4. Ajarkan anak membuat keputusan sendiri

Terkadang orang tua tidak memberikan keleluasaan kepada anak untuk memilih apa yang mereka inginkan. Hal inilah yang membuatnya merasa takut juga tidak percaya diri untuk mencoba hal baru dan cenderung menggantungkan sikap kepada orang tua. Rasa khawatir yang berlebihan dari Anda sebagai orang tua bisa jadi sebuah hambatan dalam memilih cara mendidik anak agar mandiri.

Semisalnya saja lingkungan dan situasi sekitar yang tidak aman akan membuat orang tua khawatir membiarkan anak bermain dengan teman sebayanya. Contohnya menghadapi teman-temannya yang nakal. Sebaiknya, biarkan anak untuk bersosialisasi dengan siapa mereka bergaul. Dengan begitu mereka juga mengajarkan proses belajar mereka dalam berpikir dan mengambil keputusan.


5. Berikan apresiasi

Terakhir Anda sebagai orang tua juga patut mengapresiasi sikap anak ketika mereka sudah mampu untuk mandiri sejak dini. Apresiasi di sini bisa Anda lakukan dengan memberikan pujian kepadanya karena telah berbuat sesuatu dengan baik. Jika dirasa dalam proses menjadi mandiri dengan baik, sebaiknya Anda jangan lantas memarahinya. 

Tetaplah berikan apresiasi sembari memberikan pengertian dan arahan secara lembut mengenai bagian apa saja yang masih perlu dibenahi. Dengan memberinya motivasi, membuat anak akan semakin termotivasi melakukan hal baik dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Bagaimana, apakah cara mendidik anak agar mandiri di atas sudah Anda terapkan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.