Punya Anak yang Bandel? Begini Cara Mendidik yang Seharusnya Dilakukan

Education    3 months ago

Bagaimana cara mendidik anak yang bandel? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah Anda tanyakan. Terutama saat si kecil sering berulah dan sulit diatur. Anda tentu tidak ingin menerapkan cara mendidik yang keras karena bisa menimbulkan dampak lain. Namun rasanya sulit untuk tidak terpancing saat anak mulai berulah. Lalu apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya cara untuk mendidik anak yang bandel tidak harus dengan memarahinya atau melakukan kekerasan. Berikut ini beberapa cara mendidik anak yang bandel dengan efektif:


1. Terapkan aturan yang jelas di rumah

Anda mungkin selalu menyesalkan sifat anak yang bandel dan sulit diatur. Namun pernahkah Anda mengetahui penyebab sebenarnya? Pada dasarnya, anak memang belum memiliki pemahaman yang baik tentnag mengikuti aturan, kecuali Anda sudah mengajarinya. Maka dari itu, jika si kecil bandel, bisa jadi penyebabnya adalah karena Anda tidak menerapkan aturan yang jelas di rumah.

Misalnya anak sulit diatur untuk merapikan mainannya. Kemungkinan besar Anda memang tidak pernah menerapkan aturan merapikan mainan sedari awal. Untuk itu, coba beri pemahaman kepada anak bahwa di rumah ada aturan untuk merapikan mainan. Perlihatkan akibat yang bisa timbul jika anak tidak merapikan mainan. 

Anda juga harus konsisten terhadap aturan tersebut. Jangan menerapkan sebuah aturan pada hari ini dan mengubahnya keesokan hari. Tidak konsisten terhadap aturan yang Anda tetapkan sendiri hanya akan membuat anak bingung. Akibatnya, anak mengambil tindakan sendiri. 


2. Memberikan contoh yang baik

Anak-anak bertindak dengan mencontoh orang-orang di sekitarnya. Maka agar anak tidak membandel dan mudah diatur, sebaiknya Anda juga memberikan contoh yang baik. Misalnya, jika ingin si kecil tidak bermain gadget terlalu lama, Anda juga seharusnya tidak menggunakan gadget terlalu lama.

Anda juga perlu mengoreksi diri sendiri. Apakah anak menjadi bandel dan sulit diatur karena meniru sikap Anda? Apakah Anda sering menunda-nunda untuk mengerjakan kewajiban di rumah? Jika memang iya, sebaiknya segera perbaiki sifat buruk yang mungkin ditiru anak-anak. Ingat, anak-anak merupakan peniru yang baik


3. Lakukan sistem reward and punishment

Cara mendidik anak yang bandel memang berbeda dengan anak-anak lain yang lebih penurut, Anda harus lebih tegas menghadapi anak. Anda bisa menerapkan sistem reward and punishment untuk mendidik anak yang bandel. Sistem ini memberikan “ganjaran” atas apa yang sudah dilakukan si kecil.

Jika anak bersikap baik dan tidak bandel, Anda bisa memberikannya hadiah. Hadiah bisa berupa pujian atau benda yang bermanfaat untuk anak. Namun jika anak membandel dan sulit diatur, Anda sebaiknya memberikan punishment atau hukuman. Hindari memberi hukuman fisik karena bisa mengganggu mental anak. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan hukuman yang mendidik seperti meminta anak menyiram tanaman atau membereskan tempat tidur.


4. Usahakan tetap bersikap lembut

Menghadapi anak yang bandel memang menguras kesabaran. Tingkah anak yang sulit diatur bisa membuat emosi Anda terpancing dan membalas dengan sikap yang sama. Hal tersebut jelas tidak mendidik karena hanya akan membuat anak semakin sulit diatur. Oleh karenanya, usahakan untuk tetap bersikap lembut selama menghadapi anak yang bandel.

Memang tidak mudah untuk terus bersikap sabar dan lembut kepada anak bandel. Namun dengan bersikap demikian, anak akan pelan-pelan belajar bahwa sifat bandelnya adalah sifat yang buruk dan harus diubah. 

Cara mendidik anak yang bandel jelas berbeda dengan anak lain yang lebih penurut. Namun bukan berarti mereka tidak bisa diatur sama sekali. Anda bisa menerapkan empat tips di atas untuk menghadapi anak yang bandel agar lebih mudah diatur. Semoga si kecil yang bandel bisa menjadi lebih mudah diatur ya.