Pentingnya Melatih Anak Mandiri Dan Percaya Diri Sejak Dini

Education    9 months ago

Melatih anak mandiri dan percaya diri adalah hal yang sangat penting dimulai sejak dini. Anda tentu ingin punya anak yang berinisiatif untuk maju mengajukan dirinya sendiri dalam berbagai macam kesempatan, berani dalam melakukan hal-hal yang baru, dan tidak bergantung 100% dengan orang tuanya bahkan menyembunyikan dirinya di balik kaki Anda ketika bertemu dengan orang baru. Karakter yang dimiliki anak-anak sejak usia dini akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri dan kemandiriannya ketika ia dewasa nanti. Berikut adalah hal penting mengenai kemandirian dan kepercayaan diri pada anak.

 

 

Pentingnya melatih anak untuk mandiri dan lebih percaya diri

Anak yang mandiri dan punya kepercayaan diri tinggi biasanya adalah anak  paham bahwa mereka dicintai dan berada dalam komunitas yang penuh dengan kasih sayang. Anak juga punya waktu bersama dengan keluarga dalam jumlah yang sehat, dan anak-anak yang didukung untuk melakukan berbagai macam hal baru, diberi pujian ketika melakukan hal-hal baik dan penting bagi mereka. Anak yang tumbuh dalam keluarga seperti ini biasanya akan tumbuh jadi anak yang mandiri dan percaya diri.

 

Melatih anak mandiri dan percaya diri sangat penting dilakukan karena efeknya bisa membuat si anak memiliki penilaian dan pikiran yang positif tentang diri sendiri. Anak-anak juga nantinya bisa bersosial dengan baik serta mudah untuk beradaptasi, bangga dengan hal yang ia lakukan dan menghargai diri sendiri. Anak yang percaya diri serta mandiri juga bisa menerima ketika melakukan kesalahan dan tidak segan untuk memperbaikinya. Anak seperti ini biasanya lebih mudah untuk menerima kritikan dan tidak mudah sakit hati yang mana menjadi karakter yang penting ketika bermasyarakat.



(Baca Juga: 4 Cara Membuat Anak Cerdas)



Bagaimana agar anak bisa lebih mandiri dan percaya diri?

Secara umum Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mandiri anak dengan hal-hal yang disebutkan di atas. Misalnya dengan mendorongnya untuk melakukan hal-hal yang baru, tidak pelit pujian, dan menghabiskan waktu kumpul bersama dengan keluarga meski kesibukan pekerjaan tidak ada habisnya. Hal-hal lainnya yang bisa dilakukan agar anak jadi lebih mandiri dan percaya diri misalnya:

1.      Mendukungnya untuk terlibat dalam kegiatan yang diadakan di lingkungan misalnya ikut lomba Agustusan kampung, ikut lomba yang diadakan sekolah, mengajak anak-anak lain yang seumuran untuk main ke rumah untuk mendorong anak Anda punya lebih banyak teman.

2.      Libatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga sehingga meski tidak banyak membantu namun anak bisa merasa menjadi bagian dari keluarga dan memiliki rasa tanggung jawab.

3.      Jangan malas untuk mengantar jemput anak dalam berkegiatan misalnya jika ada acara sekolah, ada acara lomba, atau ketika anak ingin main ke rumah temannya yang agak jauh.

Selain cara di atas, Anda juga bisa melatih anak mandiri dan percaya diri dengan mendaftarkannya di Brain-Zone Indonesia yang merupakan fasilitas pusat belajar anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan otak maupun emosinya.